Pages

Saturday, January 30, 2010

CONTOH TRANSAKSI

1. hmm...memang tidak gampang tapi bukan tdk mungkin pak, jauh sebelum seminar ini ada paman saya pernah melakukan transaksi seperti ini.

ceritanya begini dia kebetulan ada temannya di daerah depok / bekasi (saya lupa dimana persisnya) mau menjual rumah kontrakan yg sudah dihuni seharga +/-200 jt karena dia butuh uang untuk rumah sakit.

paman saya menawar 150 jt namun akhirnya deal di 190 jt lalu suratnya diajukan ke bank utk KPR ternyata bank menilai harganya 300an juta (saya bulatkan 300 jt biar gampang ceritanya)berarti dpt dari bank 240 jt. (karena pinjamannya diberi 80% dari nilai rumah menurut bank)

masih sisa uang dari bank 50 jt( 240jt - 190 jt), cicilan ke bank 15 tahun kurang lebih 2,7 jt perbulannya, sewa kontrakan 1,2 jt perbulannya jadi cicilan masih minus 1,5 jt perbulan khan?. nah sisa duit 50 jt nya bisa dipake buat modal usaha yg hasilnya kira2 5 % / bulan dapetnya udah 2,5 jt. (paman gue pake buat usaha katering) nah jadi lebih 1jt sekarang.

jadi mungkin khan beli rumah tanpa keluar uang malah dapet uang lebih tiap bulan. kira2 begitu lah ceritanya.

mungkin ada cara lain seperti yg bro ittinat lakukan. dan mungkin msh ada cara2 lain yg saya ngak tau tapi orang lain tau.

dan ingat saya tidak bilang caranya gampang tapi bener ada dan nyata. (dan hitung2an di atas sudah byk yg saya bulatkan supaya gampang dan sebenernya untung dari 50 jt itu dah g kecilin jadi 5 % soalnya menuurut paman gue bisa ampe 20% tapi klo pake itungan itu ntar pada protes telalu bombastis cerita gue he he)



2. ceritanya begini dia kebetulan ada temannya di daerah depok / bekasi (saya lupa dimana persisnya) mau menjual rumah kontrakan yg sudah dihuni seharga +/-200 jt karena dia butuh uang untuk rumah sakit.

paman saya menawar 150 jt namun akhirnya deal di 190 jt lalu suratnya diajukan ke bank utk KPR ternyata bank menilai harganya 300an juta (saya bulatkan 300 jt biar gampang ceritanya)berarti dpt dari bank 240 jt. (karena pinjamannya diberi 80% dari nilai rumah menurut bank)

masih sisa uang dari bank 50 jt( 240jt - 190 jt), cicilan ke bank 15 tahun kurang lebih 2,7 jt perbulannya, sewa kontrakan 1,2 jt perbulannya jadi cicilan masih minus 1,5 jt perbulan khan?. nah sisa duit 50 jt nya bisa dipake buat modal usaha yg hasilnya kira2 5 % / bulan dapetnya udah 2,5 jt. (paman gue pake buat usaha katering) nah jadi lebih 1jt sekarang.

jadi mungkin khan beli rumah tanpa keluar uang malah dapet uang lebih tiap bulan. kira2 begitu lah ceritanya.

mungkin ada cara lain seperti yg bro ittinat lakukan. dan mungkin msh ada cara2 lain yg saya ngak tau tapi orang lain tau.

dan ingat saya tidak bilang caranya gampang tapi bener ada dan nyata. (dan hitung2an di atas sudah byk yg saya bulatkan supaya gampang dan sebenernya untung dari 50 jt itu dah g kecilin jadi 5 % soalnya menuurut paman gue bisa ampe 20% tapi klo pake itungan itu ntar pada protes telalu bombastis cerita gue he he)


3.bedanya jelas ada bro, tidak kah anda bisa lihat bedanya?

1. dgn cara yg saya ilustrasikan transaksi di atas hampir tidak mengeluarkan modal sama sekali.

2. kendali ada di tangan kita, jika menggunakan cara biasa seperti yg anda katakan yaitu beli di harga katakan anda dapat dan bayar 190 jt apa anda yakin bisa jual di harga di atas 190 jt? jika ya kapan itu terjadi? kita tidak bisa mengatur kapan ada yg mau beli property tersebut, dan selama menunggu uang anda terkunci bahkan anda harus bayar cicilannya.

3. dgn cara biasa tersebut keuntungan hanya terjadi sekali, yaitu selisih jual dan beli sedangkan cara yg saya ilustrasikan dapat *properti tanpa uang dapat lagi *penghasilan sewa *dapat lagi capital gain dari harga rumah yang terus naik *terakhir dapat modal usaha

tapi saya setuju dengan anda bahwa ini tidak mudah tapi klo setahun atau 2 tahun atau bahkan 3,4,5 tahun dapet satu transaksi kaya gini dah lebih dari lumayan khan?

saya juga setuju yg anda bilang bahwa tidak semua orang akan cocok dgn cara ini. ini hanyalah sebuah contoh peluang yg ada, dengan tahu lebih banyak akan terbuka lebih banyak pilihan kendaraan sukses anda bukan?


4.anda juga katakan paman saya hanya beruntung karena kenalannya tdk tahu harga pasar, sebenarnya bukan tidak tahu harga pasar, tetapi dia butuh cepat menjual. dan saya rasa ada banyak motivasi lain orang menjual di bawah harga pasar. dan cukup sering terjadi orang menjual properti dibawah bahkan jauh di bawah harga pasar.

anda katakan cicilan minus ditutupin oleh paman saya dgn bisnis catering yg modalnya didapat dr sisa platform kredit bank berarti bukan dari murni bisnis properti, ya anda benar tapi tetap ada hubungannya toh? dgn adanya pembelian tersebut paman saya bisa memulai usaha tanpa mesti keluar uang sendiri?

dan sekali lagi saya tekankan membeli properti tanpa uang tidak pernah saya katakan mudah butuh kerja juga (nyari2 properti yg cocok, mata anda bisa sakit berbulan2 liat iklan di koran ataupun keliling2 liat2 properti, bahkan di buku "real estate riches" yg ditulis Dolf de roos ada rumus 100:10:3:1 yg artinya rata2 anda butuh lihat 100 properti, lakukan penawaran terhadap 10 properti yg kira2 cocok, atur pembiayan untuk 3 properti dan anda mungkin baru dapat beli 1 properti) butuh juga kemauan dan keberanian untuk mencoba.

memang akan ada orang yg melihat ini sebagai peluang, ada juga yg hanya melihat ini sbg dongeng yg terlalu indah untuk terjadi, semuanya terserah pilihan teman2 kaskuser.

5.Kerja jadi makelar bukannya sama2 tidak mengeluarkan modal ? Kita kan cuman bantu cariin pembeli.
Saya yakin kalo dijual seperti biasa bisa dapet untung gede krn menurut hitung2an bank harganya 300 juta jauh di atas harga deal awal yg cuman 190 juta. Biasanya penilaian bank jarang salah. Saya pernah tanya soal ini kpd kakak ipar saya yg bekerja sbg senior marketting kredit di bank. Dlm bank ada staff2 ahli n profesional yg bekerja di bidang tsb. Mereka piawai dlm menilai sebuah aset.

6.Hubungannya dgn bisnis katering sangat penting karena tanpa itu darimana paman anda bisa membayar minus cicilannya 1,5 juta per bulan ?

Saya tidak mengatakan hal tsb tidak mungkin. Yg ingin saya katakan disini adl dlm realitanya tidak seperti yg digembor2kan dlm seminar. Utk berhasil dlm bisnis properti diperlukan pengalaman, koneksi n pengetahuan teknis ( lebih bagus lagi kalo tahu soal fengshui n arsitektur ). Dan biasanya faktor X inilah yg seringkali kurang mendapat porsi dlm seminar2.

Dlm permainan game Cash Flow Robert T. Kiyosaki saya jg diajarkan hal yg sama. Tp setelah mencoba bbrp kali sampe tamat kemudian saya sadar bhw itu hanya kulit luarnya. Saya coba tanya ke bibi saya yg sudah menekuni bisnis jual-beli properti ( merangkap makelar ) selama bertahun2 ternyata teori2 Robert T. Kiyosaki bukan hal yg baru. Bibi saya sbg org biasa yg hanya lulusan SMA n belajar dari pengalaman pun udah tahu soal teori2 semacam itu. Bibi saya mengatakan bhw scr teori itu mudah tp dlm prakteknya dibutuhkan pengalaman, koneksi n sedikit pengetahuan di bidang arsitektur ( menyangkut model, konstruksi n modifikasi ) Bibi saya jg mengajarkan utk mencari target yg lagi kejepit, butuh uang cepat n awam dlm dunia properti krn harga jualnya lebih murah. Cuman utk cari yg seperti itu ga gampang. Kadang2 harus menunggu sampe berbulan2. Itupun kalo tidak keduluan ama makelar2 lainnya.

7.hmm...yg dilakukan paman saya cuma salah satu cara klo mau cara lain ada juga (mestinya bro siklus yg udah ikut seminar bisa berbagi contoh cara2 lainnya disini nih he he)

maksud bapak bagaimana klo yg kita ngak ngerti bisnis kateringnya? begitu bukan? nah cara lainnya begini (klo yg ini cuma kisah khayalan saya, tapi ada yg melakukan beneran) :

khan kita punya 50 jt lebih dari bank tadi nah karena saya ngak ngerti bisnis maka duit tadi saya tabung aja di bank trus pake buat bayar cicilan, nah 50 / 1,5 = 33 bulan (lumayan lama toh?)

nah selama nunggu 33 bulan terserah anda, bisa anda jual lagi dan dpt untung langsung.

atau selama 33 bulan anda cari lagi properti yg kayak gini trus properti yg pertama diagunin ke bank (dgn harga yg pasti lebih tinggi karena nilai rumahnya bakal naik kira2 5 ampe 10% per taon) trus duitnya pake lagi buat properti selanjutnya dan terusin aja kaya gitu he.he

maaf saya kurang bisa menjelaskan secara rinci cara yg ini karena cukup memusingkan, tapi ya kira2 begitu.

ini cuma cara lain mungkin bro siklus yg udah seminar tau cara lainnya?

8.yah semua nya di dunia ini bisa tapi satu hal yang jadi masalah GA PAKE MALAS dan selalu ada proses nya seperti membangun:
1. Pengalaman
2. Koneksi
3. Skill
dll
saya rasa di semua bidang seperti itu

semua teori sebenarnya teori lama yang orang di bidang nya pasti sudah tahu, hanya baru kali ini saja di expose besar2an
saya ikut seminar property karena saya mau belajar sampai tuntas saya juga gabung disalah satu broker, jadi saya bisa melihat dari sisi investor dan broker seperti apa

menurut saya persamaan nya broker sama seminar : sama2 tidak pake uang

tetapi perbedaan nya sebagai broker dia tidak memiliki properti pada akhirnya dan dia akan mengulangi proses itu lagi berulang2 tetapi kalo investor dia memiliki properti itu dan semakin banyak jika properti itu bisa menghasilkan cashflow positif akan menjadi pasif income pada akhirnya

trus perbedaan lain sebagai broker itu di posisi yang 90% banyak orang mau menjual tetapi kan pembeli dikit ini lebih susah (walaupun ada beberapa teknik yang diajarkan) sedangkan sebagai investor artinya sebagai pembeli ini jumlah yang lebih dikit jadi lebih banyak pilihan

cheers
ym: papanbunga
kalo ada yang butuh jual beli properti hubungi saya di 021-946.90.956

9.gw cuma mau bil hati2 aja. Soalnya bunga bank itu fluktuatif, bisa naik tinggi kalo sewaktu2 situasi indo gak bgs, kyk dulu naik sampe 60%. Byk yg disita rumahnya sama bank krn ga bisa byr cicilan. Jd semakin cepet lunasin makin bgs.

yup gw setuju, masalah fengshui jg indikator penting buat beli rmh. Krn ada yg ngikutin cara itu, krn murah trus dibeli n mau dijual lg. N sampe skrg ga ada yg beli krn fengshuinya sgt jelek. Nasib tu org skrg dikejar2 trus sama bank krn ga bs bayar cicilan kprnya.

Hasil appraisal bank atas hrg rumah beda2. So mungkin bisa pilih bbrp bank.

Biasa Appraisal diliat dari:
- kondisi fisik rumahnya( jml ruangan, ukuran, dll)
- lokasinya, banjir ga,apa strategis(deket dg t4 publik apa aja)
- lebar jalan(apa bisa dilalui 2 mobil), ga tusuk sate.

10.saya ikut yg james.... itu bagus ko........
jd kita beli rumah atau property dengan pinjaman dari bank dan jaminannya rumah yg bakal kita beli itu

11. bisa dapet property gratis, prosesnya secara bertahap sbb:

1. perbaiki cash flow tabungan,usahakan perputaran duit sebanyak mungkin,walau saldo minim, sebagai pengusaha mulai mengurus ijin2 resmi.sedangkan sebagai pegawai, syaratnya terlalu banyak dan jarang yang bisa.misalnya : harus pegawai tetap,di perusahaan yang bonafid, gaji minimal diatas 10jt,dsb

2. setelah dirasa cash flow tabungan 3 bulan terakhir bagus,cari rumah kost2an yang dijual.telpon iklan2 dan langsung tanya,"kenapa dijual?"kalau motifnya BU, bayar rumah sakit, bagi waris,dan sejenisnya , lanjutkan.survey. kalau diluar itu tinggalkan.

3.dari sekian banyak list kost2an yang diincar, di survey,tanya harga, minta fc sertifikat dan pbb.pastikan tidak sengketa atau dijaminkan ke bank.TAPI JANGAN NAWAR.

4.bayar jasa seseorang dari lembaga appraisal untuk menilai rumah incaran ,kasih fee @50rb/rumah yang di survey. dari mana dapat orang seperti itu? datang ke bank terdekat.cari petugas bagian kredit tercantik yang bisa di temukan, tanya apakah dia punya kenalan di perusahaan appraisal yang bisa dimintai tulunk survey rumah,dan ungkapkan anda ingin KPR.(kredit pemilikan rumah).jgn lupa minta nomor hape si cantik dan si tukang appraisal.

5.kalau harga appraisal/penilaian kost2an jauh lebih tinggi dari harga yang diminta oleh pemiliknya, LANJUTKAN, kalau sama,beda dikit, apalagi lebih rendah. lupakan saja atau coba di tawar SETELAH tahap 6.

6.Masih ingat si cantik? telpon dia dan tanya apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk KPR, dan coba berikan syarat2 tersebut ke dia untuk di nilai apakah kita layak mendapat kredit sesuai nilai kost2an yang diincar.kalau layak , lanjutkan. kalau gagal , coba kembali ke point 1.

7.Setelah dinilai layak, lanjutkan dengan proses menawar kost2an ke pemilik.disini yang agak rumit.untuk KPR umumnya harus ada uang muka minimal 20-30% belum termasuk biaya administrasi,asuransi dan angsuran pertama.sehingga, harga appraisal tentunya harus lebih tinggi ,minimum 40% dari harga yang diminta pemilik agar kita bebas dari beban uang muka.itupun kalau anda mampu membayar angsuran perbulannya dari hasil kost2an.kalau tidak cukup, berarti dari transaksi ini anda harus mendapat dana sisa untuk keperluan merenovasi kost2an (tambah kamar/fasilitas) agar hasilnya cukup buat angsuran.

8. kalau anda sampai ke tahap 8 ini, berarti sudah hampir sukses. kemungkinanya sangat kecil, tapi bukan tidak mungkin. Katakan pada pemilik kost2an anda akan membayarnya dengan kredit dari bank, dan membutuhkan kredit tambahan untuk renovasi,sehingga butuh bantuannya untuk membuat kwitansi fiktif seolah2 anda sudah lunas membayar uang muka...terserah cara ngomongnya ,intinya seperti itu.

9. wah, hebat.sekarang tahap selanjutnya melakukan akad kredit KPR di bank yang menyetujui kredit anda.siapkan uang untuk biaya administrasi, asuransi,pajak,dsb .bisa pinjem keluarga teman,pegadaian,dll,pokoknya harus ada duitnya :P

10. Selamat , anda punya kost2an, tanpa uang muka, tiap bulan dapat duit dari kost2an untuk bayar angsuran.

perhatian :
kondisi sekarang sangat ber beda dengan 1-2 tahun lalu,syarat KPR sekarang makin berat.sehingga skenario diatas sangat kecil kemungkian berhasilnya.apalagi untuk yang tidak punya usaha berpenghasilan tetap.


sumber: pengalaman pribadi sebagai developer & dari mentorku: www.didikrealestateschool.com

12.Cuman pengen share aja,
Jd ceritanya pas jalan2 jalan didekat rmh, ada sebuah rumah bertuliskan dijual, iseng2 istri telpon ntu yang punya rumah. Pasang harga 269 juta. Karena iseng lagi akhirnya istri nawar2 jd ketemu di harga 245 ( Background yg punya rumah dalam posisi cerai, jd ntu rumah masuk harta gono gono )

Gara2 keisengan tadi, yg jual rumah ngejar2 terus, akhirnya kita yang jadi gak enak. Mau beli cash langsung seh bisa, tapi kan mati duitnya disitu. Akhirnya datang ke bank langganan. Tanya2 kpr, syarat2nya dan tetek bengek lainnya.

Setelah beres semua persyaratan dilengkapi, deal dengan bank harga 245 DP 50 jt. Jd bank membiayai sebesar 200 jtan ( dibulatin ). Tenor 3 tahun angsuran 7 jtan / bulan dimana untuk tahun pertama bunga flat sedangkan thn ke2 dan ke3 floating bisa naik bisa turun.

Oke, kita deal, dp dah kita kasih ke penjual. Disini masalah mulai muncul. Tiba2 pimpinan bank langganan mendadak resign jd semua pengajuan kredit dibank tersebut tertunda karena tidak ada yang mengotorisasi. Yang ada cuman pjs doang, dan ini terjadi selama hampir 3 bulan. Yg jual rumah ngejar2 terus, daripada pusing dikejar2 terus ya kita lunasin ntu rumah. Alhamdulillah sekarang dah ada pimpinan baru dari bank tersebut, jd kredit kita bisa cair ( minggu kemaren )

Jd inti cerita diatas, kita cuman keluar uang 50 jt, yang 200 jt dah dibalikin ama bank. Yg keluar 50 jt itupun insya allah akan kembali karena kyknya ntu rumah ada yg mau ngontrak. Sy mintanya 25 / tahun dan sy mintanya lngsng 2 thn. ( disini memang harga2 agak tinggi soalnya daerah pertambangan batubara )
Dan uang 200 jt td bisa sy putar ke bisnis sy yg profitnya bisa amp 20 % heheheh....


13.Semuanya menurut saya sih masuk akal, asal dikerjakan oleh orang yg bisa bisnis, tapi kalo ga bisa bisnis mending ga usah deh. Karena pada akhirnya duit lebih dari bank yg disebutkan sebagai uang markup akan dijadikan modal usaha yang akan menghasilkan profit untuk bayar utangan. Jadi kalo tiap bulan anda bisa pastikan berapa profit yang akan anda terima misal lebih dari 10% pasti aman dan menguntungkan. Karena minimal tiap bulan anda harus bayar cicilan dengan asumsi 10 tahun : cicilan = (1/120 kali besar pinjaman) + 1,4% bunga + margin profit yang anda inginkan. Jadi anggap aja untuk cicilan plus bunga anda harus mengeluarkan 2,5% dari besar plafon, maka anda ketemu titik impas di profit 2,5%, jadi kalo ingin untung ya harus lebih dari itu. Jadi anggap gampang aja, carilah bisnis yang bisa ngasih profit 10% per bulan.

Tapi saya ada satu masalah, ketika ngurus ke notaris tuh kita ada biaya dimana penjual dan pembeli masing2 harus bayar pajak 5% plus biaya notaris dan segala macam yang lumayan gede. Wah gimana ngakalinnya ya? Apa bisa dari markup ya?

14.strategi beli properti tanpa keluar duit intinya tergantung seberapa besar bank menilai/appraised properti yang akan diagunkan...
untuk mendapatkan properti yang dijual dgn harga dibawah harga pasar (market value) dan dibawah NJOP (Nilai Jual Objek Pajak), berarti kita harus mencari org2 yang kepepet ngga punya duit untuk membiayai kebutuhannya, sengketa keluarga/rumah tangga sehingga properti hrs dijual, orang yg dikejar-kejar debt collector, orang yg secara mendesak/tiba2 harus pindah ke tempat/daerah lain, orang tolol yg ngga tau harga pasaran propertinya, orang gila yg ngga ketahuan kalo dia gila, karena kalo ketahuan, secara hukum perbuatannya dianggap cacat hukum...

15.Bro, tidak harus selalu fiktif.
Jangan terlalu straight berpikirnya.

Bisa jadi orang perlu duit buat bayar rumah sakit, bayar utang yang jatuh tempo, membagi warisan, cerai dan bagi harta gono-gini, dan berbagai sebab lainnya yang menyebabkan sebuah property dijual 20-40% dibawah harga pasar.

Kalau bank apprisal sesuai harga pasar maka bukan kita yang minta, karena bank sendiri punya hitung2an dan tim untuk menilai harga sebuah property.
Coba bro bayangkan bro punya rumah yang nilai pasarnya 500juta, kemudian ortu bro sakit dan perlu dana untuk operasi sejumlah 300juta. nah tabungan dan aset2 lain sudah dijual semua dan masih kurang 200 juta.
Kira2 kalau misalnya ada orang yang nawar 400juta (artinya 20% dibawah harga pasar) bro mau jual gak?
Dalam kebanyakan kasus orang akan lepas bahkan di angka 350juta asal duitnya langsung cair.

Nah disitu lah kesempatan untuk dapat property murah.
Apakah memanfaatkan orang? menurut saya tidak begitu, karena bro pun akan sangat bersyukur karena ada orang yang mau membeli rumah tersebut dengan cash. Dan orang itu pun sangat bersyukur karena dapat property dengan harga murah. Disinilah win-win situation.

Jadi semua hal itu mungkin dan tidak harus dengan cara2 curang.
Mau kaya bisa dengan cara2 jahat, tetapi apakah tidak ada cara yang baik dan bermoral???
Silahkan dijawab sendiri..

16.hari ini gue ketemu sama Bp Cipto Junaedy , sering ngadain seminar beli propety tanpa uang juga.dulu sudah ikut seminarnya, dan sekarang sedang praktek beli ruko gandeng 3 lantai dan tanah 6000 meter, so far berjalan baik, sedang tahap nego.

alirannya agak beda, karena tidak memprioritaskan KPR tapi memang ada unsur join promo dan ilmu nego win win aja jadi semua rela memberi waktu lebih atau menaikkan/menurunkan harga, semua mungkin aja tapi juga harus realistis.

intinya beli properti secara cash/lunas tanpa mengeluarkan dana pribadi, ada 33 strateginya, bisa untuk rumah, ruko, tanah, tower, perusahaan dll.

yang g suka dari seminar dan mentoring ini a.l:
1. ga tergantung KPR, karena ga semua orang layak KPR, dengan metode ini mahasiswa pun bisa praktek
2. Tunjuk rumah dimanapun, lokasi terbaik, ga perlu nunggu harga miring
3. Jangan bayar properti dengan hasil usaha. Hasil usaha adalah income terpisah, beli dengan cash/lunas (nah ini nih caranya yang harus praktek)
4. Realistis tapi juga take action untuk semua kesempatan
5. Iseng2 coba nego 20 properti setahun ternyata tembus 1 kan lumayan, jadi setahun 1, dari pada umur 50 tahun tapi ga kebeli rumah atau kejebak KPr sampai tua, ya toh?ga ada salahnya coba, not just comment

laporan berikutnya malam ini ya, yang mau ikutan belajar silahkan..tapi ingat..topiknya belajar, segala hal yang ga mungkin yuks kita tanyakan dan belajar bersama..jangan gak mungkin mulu..ya ga bisa bisa


meskipun dari antara 100 muridnya yang berhasil cuman 5%, tetap aja ada yang berhasil karena mereka action tapi juga realistis, yang 95% cenderung ga action2 atau ga konsultasi jadi gagal tengah jalan.

kita coba dari yang kecil2 dulu, iseng2 berhadiah..gratis ini belajar di forum..ok?

yang mau angkat tangan hayoooo

17.
[SHARE & ASK]Dpt tawaran rumah tanpa KPR bank, dpt dicicil 10th dgn bunga dibawah KPR

Dear Friends,

mau share dan tanya dikit nih. Bagi yang berpengalaman di jual beli rumah ataupun KPR mohon infonya.

Gini ceritanya :


Ada teman sy nawarin rumah. Harganya agak sedikit diatas harga pasar, tp masih masuk akal. Dia kasih kemudahan ke sy yaitu, boleh nyicil selama 10th dengan bunga dibawah KPR (jadi sy bayar cicilan ke dia, bukan ke bank. Setiap bulan dpt kuitansi).

Setau sy bunga KPR antara 10-12%.

Dia kasih rate bunga 8.5% dengan uang muka 30% (sekitar 60jt).

Tapi sekarang ini rumahnya dia masih masuk KPR. Dia bilang, kl mau juga bisa terusin KPR dia, tp dia minta uang sbg ganti KPR yg dia bayar selama ini dgn nominal yg cukup besar buat sy (sekitar 120jt) dan sy tdk ada uang sebesar itu.


Yg sy tanyakan :

1. Menurut teman2 disini bagaimana? apakah berani beli ke dia dgn cicilan, sedangkan skrg ini rmh masih di KPR sama dia (jd blm lunas).
Dia bilang 10 th lagi KPRnya slesai, jd waktu sy slesai bayar 10th lagi, langsung sy dpt sertifikat.

2. Dan bagaimana ini dgn hukumnya ya? Rumah yg blm lunas, dijual ke orang lain.

3. Jika kita bayar terus ke dia selama, katakanlah, sudah 7th. Lalu tiba2 dia tdk byr KPRnya ke bank lalu rumah tsb disita bank. Bagaimana hukumnya?

Mungkin kl ada pejabat PPAT atau Notaris disini, mohon jawabannya.


18.harga training 2 - 3 juta dilaksanakan untuk 1 hari (kalo daftar langsung pas preview bisa dapet harga 2 juta, dapet lunch dinner snack plus mentoring 6 bulan (tiap bulan 1 kali), diluar itu boleh telp, sms, email

ada 30 strategi tergantung properti dan tingkat kesulitan, intinya tetap praktek dan realistis

PELAJARAN PERTAMA !!! YANG MAU IKUTAN BELAJAR DAFTAR DISINI

1.............
2.............
dst

ILMU : SEWA 5 TAHUN TANPA UANG MALAH DAPAT UANG, PELAJARAN DASAR SEBELUM BELI TANPA UANG...LANGSUNG PRAKTEK...

Lumayan kan bisa usaha/disewakan kembali tanpa uang.

Bisa praktek di sktr tempat tinggal, ga usa jauh2 dulu

Target : 5 x percobaan berhasil 1.


silahkan yang minat

Panduan menyusul, bisar thread ini berkesinambungan, dan hanya menjawab topik, tidak lari dari topik..ingat ya,, niatnya belajar dan saling memberi usulan bukan pesimis opinion..kita sama2 belajar

tx

19.
Setuju bro, hati2 dengan kredit di bank, salah sedikit bisa tercemar nama kita di seluruh bank, karena data2 debitur tersimpan rapi di BI. Saran sy ambil kredit di bank sesuaikan dengan asset kita, Jd mis aset ada 5 trus yg diagunkan cm 1 gak masalah. Sewaktu2 terjadi kemungkinan yg paling buruk kita masih bisa safe.

Atau aset / harta mis 1 M ambil kredit sampai 500 it's ok kl menurut gw.

20.smua usaha dapat dilakukan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.
itu dinamakan dengan modal dengkul.
hanya sedikit orang yang berhasil dalam berusaha dgn bermodalkan "dengkul"nya saja.

btw, mengenai cara beli properti tanpa mengeluarkan uang, klo bisa dapet properti yg harganya dibawah penilaian dari bank, nggak usah diterusin cicilan ke banknya.
biarin aja propertinya disita. Kita kan dah dapet uang selisih dari harga beli dan dari nilai yg dah ditetapkan oleh bank-nya.
tinggal uang yg didapetnya aja diputar lagi. jadi kita bisa terhidar dari resiko cicilan + bunga bank tiap bulannya.

21.kalo ikutin saran bro
setelah disita trus dilelang abis itu nama kita lansung di black list di BI dan gak bisa anjuin kredit lagi.apakah saran bro bole dijalan kan. kalo gua sich mendingan propertynya dibuat bisa menghasilkan uang untuk menutupi angsuran dan cash back dari rumah tersebut bisa pake untuk usaha sebagai tambahan buat bayar angsuran . jadi ada dua usaha. sebenernya kalo pak cipto tidak menyarankan kita untuk membeli property trus dicicil dari usaha kita. masalahnya beli secara cash pastinya propertynya bener2 dilokasi yang terbaik dan harganya miring. bener2 tantangan yang sulit heheh.
btw gua sendiri udah dapet property yang bisa kasih cash back 400jt . cuma masih lagi bimbang mau ambil atau ngak berhubung propertinya tidak bisa menghasilkan untuk menutupi angsuran. tapi lagi dipikirin enaknya di apain propertynya biar bisa menghasilkan untuk menutupi angsuran dan cashbacknya gua pake buat takeover indomaret. jadi bisa gua take over. property itu sekarang masuk listing gua...

salam

22.bisa aja bro

ada 2 cara bro :
1. sertifikatnya di gadaiin ke bank. kan dapet dananya dan rumahnya tetap di tempatin
sendiri kalo gak salah namanya pijaman usaha atau apa gitu lupa namanya. cuma
bunganya lebih tinggi dari KPR.
2. lo minta tolong sodara lo ajuin ke bank seolah2 dia yang mau beli secara KPR . dan
setelah goalnya dananya lo yang pake. lebih baik lagi pake jasa notaris untuk buat
surat perjanjian dengan sodara lo .biar gak ada masalah dikemudian hari . lo bisa
konsul dengan notaris isi draf2nya.

note : resiko ditanggung sendiri karen itu lo harus yakin bisa bayar angsurannya bro. kalo
gak yakin jangan yang ada entar rumah di sita ama bank.bisa berabe


23.mau nanya dong,
klo pinjaman kpr tuk wiraswasta tu kan perlu syarat2 kyk npwp,siup,tdp,dll. nah apa syarat2 tersebut mutlak bgt diperlukan? soalny sy pnya usaha tp ya ga ada surat2 kyk gitu, males ngurusnya si, 'males' byr pajak juga diitung2 mayan jg sebulan

skalian nanya, klo kita mau belajar properti dg cara terjun langsung jadi agen properti, kira2 worthy ga yah? secara kan kerjaan agen dinilai agak2 gimana gitu, tp yg penting kan belajarnya, bisa dpt ilmunya langsung. menurut agan gmn?

24.makasi infonya
klo buat npwp, apa harus ngasitau pendapatan kita sesungguhnya? kan bs aja direkayasa, biar bayar pajaknya dikit.. perlu bukti2 nota dll gak sih klo buat npwp?
usaha gw ud jalan 2 th lebih, bank taunya darimana ya klo usaha gw ud lebih dari 2 th? apa gw mesti nyiapin lap keuangan tiap bulan? soalnya gak ada catatan keuangannya euy.. nyampur ama keu pribadi. tp klo nota2 sih yg dulu2 masih ada,wlo bbrp ada yg ilang jg..
terus, gw jg mesti bentuk badan ya kayak UD ato CV gitu? klo npwp doang ga ckp gitu?
soalny dlu pernah gw kredit motor,gak pny npwp dkk,cuma minta diliatin rek tabungan n nota2 aja, cair tuh

25.maap ya klo banyak pertanyaan
kalo untuk NPWP sich memang udah gak bisa dihindar lagi. wajib punya, karena sekarang mau ngapain aja kudu punya NPWP ,apalagi mau beli rumah secara KPR
mengenai TDP,SIUP kalo cuma usaha kecil2an gak punya badan kayak UD,PD,CV ,dsb
gak perlu kok surat2 TDP atau SIUP
bank akan melihat sudah berapa lama usaha berjalan(syarat bank kalo gak salah 2 tahun )
dan bank akan melihat tabungan kamu selama 3 bulan terakhir sebelum pengajuan KPR.jadi usahakan selama 3 bulan setiap transaksi melalui bank. dan siapkan nota2 .
kalo mau belajar jadi agen property coba aja telpon broker property terdekat(biasanya RAY WHITE) dan tanyakan apakah mereka memberikan pelatihan untuk calon agen property( biasanya bayar untuk traningnya) tapi dari situ kita bisa belajar banyak ilmunya. sekian

CMIWM

salam

26.oiya, maksud jadi agen properti itu
kita beneran ngelamar jadi agennya gitu, lewat tes/wawancara
tp kan biasanya dikasih gaji seadanya, plus komisi klo properti yg dijual lewat kita laku. jadi bukan cuma dapet trainingnya (klo training bukannya ttep cuma belajar teori doang?!). tp beneran terjun langsung jadi agen n ngeliat langsung transaksi2 properti yg terjadi..
maksudnya, ya gpp digaji seadanya, tp kan yg penting ilmunya, ud bs turun langsung ke lapangan, ya itung2 daripada bayar seminar2 properti yg ampe 5jutaaan, mending jadi agennya sekalian kan, jadi tau bener gimana kondisi realnya..
iya gak sih??

27.mengenai broker, kebanyakan sekarang broker sudah gak digaji alias makan komisi doang kalo laku, kalo mau yang digaji setahu gua . itu broker yang kerjanya ditempat broker property ,jadi kerjanya nerima telp orang mau listing rumahnya atau orang lagi cari rumah, setelah itu ketemu klien. nah yang kerjanya itu dapet gaji tapi kecil dan dapet komisi kalo bisa jual property.
kalo soal traning setahu gua bayar dan mereka mengajarkan teorinya setelah itu kita praktek sendiri .coba aja iseng2 telp RAY WHITE tanya2 biar jelas.

soal NPWP
bikin NPWP gak perlu pake nota kok. tinggal lapor aja ke kantor pajak.dan biasanya pelaporan penghasilan berdasarkan pada pengakuan kita. selama mereka liat masih wajar. ok ok aja. asal jangan lo lapor punya aset 100jt tiba2 beli rumah cash 500jt .wah itu sich cari perkara ehhehe. kalo ngak mau repot banyak kok birojasa yang menerima pengisian SPT, tinggal lo bilang mau bayar berapa perbulan, nihil juga bisa, tapi resikonya kalo nihil orang pajak biasanya suka otak atik.
jadi cari birojasa terdekat .selama semua masih wajar .biasanya sich aman2 aja, orang biro jasa lebih ngerti. tanyakan saja lebih detail sebelum bikin NPWP.


soal bank
bank tau dari mana dah 2 tahun, yach dari pengakuan kamu pas ditanya heheheh
kecuali kalo kamu punya badan yach diliat dari surat2 pendiriannya.
mengenai nota cukup 3 bulan aja ada juga sich bank yang minta lebih dari bulan.
pokoknya yang terpenting rekeningnya bagus dan hitungan bank masuk. pasti diterima kok.

28.gan, nanya donk...

misalkan kita dapet rumah KPR, pinggir jalan, butut. Selama selang waktu KPR, kita mau merenovasinya menjadi rumah sewa, seperti penambahan lantai, perubahan bentuk rumah, cat, dll.

pertanyaan :
1. apakah perubahan2 tersebut bisa dilakukan?
2. apakah ada pelarangan, dsb?
3. Seberapa kuat posisi IMB dalam merubah bentuk rumah KPR? (yg pasti ogut gak melanggar IMB itu sendiri y, hehe). Soalnya ane pernah denger kalo rumah yg gak sesuai dengan IMB bakal langsung digusur...

infonya yak!
thx
29.

1. apakah perubahan2 tersebut bisa dilakukan?
silakan aja bro selama itu rumah dah lo beli dengan KPR semua menjadi hak lo, mau lo
renovasi, mau lo gusur heheh gak ada masalah, yang penting angsuran lo lancar

2. apakah ada pelarangan, dsb?
gak ada sama sekali sepengetahuan gua, yang penting angsuran lancar.

3. Seberapa kuat posisi IMB dalam merubah bentuk rumah KPR? (yg pasti ogut gak
melanggar IMB itu sendiri y, hehe). Soalnya ane pernah denger kalo rumah yg gak sesuai
dengan IMB bakal langsung digusur...

gua agak bingung ama pertanyaan lo yang satu ini, maksudnya perubahaan IMB gimana
yach. IMB kan surat izin membangun, yang pasti kalo gak punya IMB ,KPR pasti ditolak.

Ada yang mau tau gak gimana cara mendapatkan duit lagi dari rumah yang KPRnya sedang berjalan....


sekian
30.wahhh..uda pada kangen ya???...

ayo belajar..

tip pertama :
1. sebelum beli tanpa uang, sewa tanpa uang dulu, bisa sewa gratis 5 tahun di banyak properti
2. tunjuk propertinya berapapun harganya dan dimanapun lokasinya (yang penting tuh properti mau dijual, jangan tunjuk2 aja, ntar disambit sendal)
3. trus praktek, toh ga pake modal gede ini, paling modal materai, sama beli koran, n ongkos survei aja
4. metode ini harus praktek, bukan teori, dan praktek lagi, tapi juga harus realistis, jangan mimpi. dan mulai dari cara awal yang sederhana.

ok, peraturan selesai, sekarang kita mulai :
1. Praktek yang terdekat dulu atau di daerah yang dipahami dulu
2.kita akan pakai strategi 13
3.cari 1 ruko yang akan dijual
4. kontak nomor penjual (penjual langsung atau broker)
5. coba nego harga, cari tau harga pasaran, tny kondisi (KM,KT,dll), cari tahu bekas apa, dll..pokoknya tanya ngobrol2 aja.

itu langkah awal yang mesti dulu, cara ke 6 - 10 akan diposting besok atau setelah ada contoh yang melakukan di thread ini, supaya ada contoh yang akan langsung dijawab dan dipraktekkan...

silahkan waktu anda 24 jam...cari di sekitar rumah, dari koran, dll...intinya latihan melihat peluang rumah dijual, latihan menghubungi, dan latihan bicara pembuka...silahkan..kalo ga ada yang posting2 sampai 3 hari kedepan, training online tidak dilanjutkan karena akan teori belaka.

ok silahkan post hasil..tx

31.Mungkin kita sebagian besar sudah mendengar banyak orang yang bisa menjadi sukses dan kaya karena bisnis property. tapi apakah betul itu? jawabannya bisa YA dan TIDAK. YA jika orang itu punya cukup pengetahuan dan mau selalu belajar dan menambah wawasan dalam bidang ini. TIDAK jika sebaliknya.

Investasi dan Bisnis Property memang tidak mudah,(keliatan mudah karena ada beberapa seminar yang membahas membeli property TANPA UANG). Bisnis ini seperti bisnis lainnya mengandung resiko. jadi kita harus berhitung cermat sebelum masuk ke bisnis ini.

Apa yang harus kita cermati sebelum masuk ke bisnis Property:
1.Kemampuan finansial kita
2.wawasan dan pengetahuan kita soal property
3.Faktor legal(hukum) dalam property
4.networking kita

Setelah kita ceklist keempat hal diatas, maka langkah selanjutnya adalah menentukan TIPE PROPERTY seperti apa yang paling aman khususnya sebagai PEMULA dalam bisnis ini. aman dalam arti jumlah investasi dan kemudahan untuk menghasilkan uang dari bisnis ini.

TIPE PROPERTY:
TANAH

keunggulan investasi tanah adalah anda tidak perlu keluar biaya perawatan bangunan. tidak ada biaya PBB, Biaya bulanan listrik, air, telp, dan lainnya. Biaya yang muncul hanyalah biaya perawatan tanah (biasanya biaya ini ada jika kita membeli tanah di developer), jika kita membeli diluar developer maka praktis maka hanya biaya PBB saja.

Kelemahan:
Calon Pembeli tanah relatif lebih sedikit dari calon pembeli rumah

profit yang didapat:
CAPITAL GAIN saja, yaitu selisih harga JUAL dan harga BELI

RUMAH
Best investment so far!
Biaya yang keluar adalah biaya bulanan rumah seperti PLN, TELP, PDAM. dan ada cara untuk menghindari biaya bulanan ini, yaitu: kita sewakan rumahnya.
calon pembeli banyak baik dari INVESTOR lain atau END USER (orang yang membeli untuk dipakai sendiri)

Profit yang didapat:
RENT= uang sewa selama 2 thn atau bisa lebih tergantung kita
CAPITAL GAIN= setelah sewa selesai (2 tahun atau lebih) bisa kita jual dan tentunay harga rumah sudah lebih mahal dari sewaktu kita beli

APARTEMEN
tergantung lokasi, bisa HIGH RISK jika lokasi jelek dan investasi pada kota yang salah. menguntungkan jika lokasi ada pada kota BESAR seperti JAKARTA.
tapi bagi pemula tidak disarankan investasi pada tipe ini sebab biaya bulanan yang besar( service charge) dan pembeli atau penyewa apartemen jumlahnya masih lebih sedikit dari rumah

RUKO
Good investemnt jika di lokasi yang sangat STRATEGIS dan dilewati jalan RAYA/RAMAI. Kelemahannya adalah harga beli RUKO yang mahal dan biaya bulanan yang lebih mahal dibandingkan rumah karena tarif PLN,PDAM,TELP masuk kategori Bisnis.

Cara pemikiran investasi ruko hampir sama dengan rumah: yaitu beli lalu sewakan ,untuk jangka waktu tertentu sesuai keadaan dan kalo harga sudah melambung kita jual lagi. jadi RUKO=CAPITAL GAIN+RENT

Penyewa mayoritas adalah kantor dan perusahaan , jika beruntung bisa disewa perusahaan yang menyewa long term semisal 5 tahun.

KIOS/STAND di MALL atau TRADE CENTER
HIGH RISK jika kita salah beli di mall atau trade center dengan lokasi yang kurang rame. HIGH RISK juga karena mall dan trade center di INDONESIA sudah oversupply

tapi ada cerita juga orang yang untung GEDE dari invest ini.
di Surabaya dulu jarang orang yang mau membeli stand di PGS(PUSAT GROSIR SURABAYA), karena kalah pamor dengan PASAR TURI yang ada persis didepannya dan PGS sangat minim pengunjung. PASAR TURI ini pusat perkulakan terbesar di Indonesia Timur. sampai terjadi persitiwa kebakaran yang menyebabkan PASAR TURI terbakar maka berbondong-bondong orang pindah ke PGS, harga yang semula sekitar 200jtan sekarang menjadi sekitar 500 jtan dalam waktu 3 tahun!

Setelah mengerti tipe property kita harus mempunyai wawasan soal faktor legal atau hukum property yang akan kita bahas pada posting selanjutnya.

TETEP KUNJUNGI THREAD INI ya!

32.
Page 1
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=122582245&posted=1
Tipe property

Jenis surat dan faktor legal property

Modal investasi property

tidak punya modal invest property

menjadi agen property dan sharing pengalaman menjadi agen

Page 2
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=2

Pembiayaan investasi property

Sifat investasi property

plus minus investasi apartemen

Profil rumah dengan banyak Demand penyewa

Tanya Jawab KPR, Background check Bank Indonesia

Tanya jawab Rumah Kost dan Motivasi dalam menjual rumah


Page 3

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=3

Perkiraan harga membangun bisnis ruko

Cara Negosiasi dengan Developer


Page 4

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=4

INVESTASI DI MALL / TRADE CENTER......MENGUNTUNGKAN???


Page 5

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=5

Investasi Tanah dan sharing BOOMING investasi tanah tahun 2003-2004

Investasi property returnnya tidak sebaik Deposito bank???

Tanya jawab seputar supply dan demand untuk perumahan baru


Page 6

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=6


Cermati perkembangan tata kota , tempat anda tinggal!


Page 7

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=7

Tanya jawab soal status tanah SHM atau HGB ?

Sharing NEGOSIASI Rumah dengan developer!

It is all ABOUT MYTH-Mitos dalam property!

Tanya jawab perhitungan dan analisa kemampuan bayar angsuran KPR


Page 9
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=9

Cara mendaftar dan join jadi agen property

Apartemen subsidi dan status STRATA TITLE, apa tuh?

Step by step perencanaan pengembangan dan pengelolaan tanah kavling.

Link ebook "Membeli Property dengan sedikit uang" oleh james satrowijoyo

Proses step by step transaksi jual beli rumah

Proses step by step transaksi jual beli tanah


Page 10

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=10

PROSES SEWA - MENYEWA, PAJAK SEWA - MENYEWA.

Mengetahui harga pasar rumah, motivasi penjual dan proses nego

Skema pertumbuhan property dan analisanya

Action plan investasi property


Page 11

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=11

proses pengurusan KPR

Breaking news ROYA BANK

Menyewakan rumah, TAPI rumah yang disewakan adalah JAMINAN BANK???

Action Plan II, rencana penjualan / sewa


Page 12

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=12

Pelunasan KPR


Page 13

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=13

CV atau PT untuk memndirikan sebuah kawasan perumahan 'mini' yang hanya terdiri atas 20 rumah saja?

Perhitungan cash flow untuk rumah petak atau kos-kos-an.


Page 14

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=14

Alasan untuk lebih dari sekedar menjadi broker 'saja'

Bisnis rumah sewa / kontrakan merepotkan??

Bisnis rumah sewa kok returnnya lebih kecil dari bunga deposito??

Analisa cash flow rumah sewa dan modalnya.

Profit share untuk stand di mall


Page 15

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=15

Sekilas tentang NOVENA REALTY

Hubungan property dengan Dolar

Tanya jawab transaksi di depan notaris untuk rumah yang pembayarannya tidak lunas 100%

Kosultasi pengembangan tanah menjadi 5 unit ruko


Page 16

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=16

Tip bisnis rumah kos

Beli rumah 100% dibiayai bank,mungkinkah?

Maksud harga nett dan gross dalam jual beli property

Proses step by step pengurusan transaksi rumah dengan kpr di notaris dan bank

Property CRASH


Page 17

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=17

notaris atau camat untuk transaksi property di daerah kota kecil dan pedesaan

Interaktif tentang HGB, perpanjang HGB, plus minus HGB


page 18

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=18

Link download "CARA HITUNG OTOMATIS KPR DAN ANGSURANNYA (excel)"

Take over kredit kpr ????

Beda SHM dan HGB, Biaya peningkatan status ke SHM


Page 19

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=19

mengetahui harga pasaran property JIKA sulit ditemukan data pembanding

SPJB kena biaya pengalihan DAN PAJAK PPH dan BPHTB ????

Property news and articles!

PBB rumah HILANG, kemana dan bagaimana mengurusnya?

Sharing "SERTIFIKAT HILANG"

PAGE 20

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=20

Tanya jawab seputar menjadi AGENT/Broker PROPERTY

Tanya jawab Rumah lokasi sebelah pabrik, bagaimana?

Tanah Mau disewa operator untuk mendirikan TOWER ???


PAGE 21

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=21

PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) dalam pembelian rumah ???

Masukan dan Saran BUAT YANG UDAH ikut SEMINAR PROPERTY

REIT-REAL ESTATE INVESTMENT TRUST, apakah itu????


PAGE 22

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=22

IDE MENDIRIKAN 'KOPERASI' INVESTASI PROPERTY

DENGAN IKATAN JUAL BELI DAN SURAT KUASA MENUNDA PEMBAYARAN PAJAK???

PAGE 23


http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=23


PENJUAL ANEH DAN FAKTOR PSIKOLOGIS PENJUAL

TANAH=TIDAK BISA KPR


PAGE 24


http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=24

Ciri-Ciri sertifikat rumah/property yang sudah dijaminkan di BANK

Ngurus sertifikat pake jasa notaris atau urus sendiri??

Perpanjangan Sewa-PERLU ATAU TIDAK MEMBERI KOMISI LAGI PADA BROKER?

Jenis PERJANJIAN KERJASAMA PEMASARAN Dengan Broker dan Plus minusnya.

PAGE 25

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=25

BELI RUMAH MELALUI BROKER, APA UNTUNGNYA???

BUKU TANAH DI BPN HILANG, BAYAR 5 JUTA???

PAGE 26 & 27
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=26

SHARING dari BRO 'PROMEDIA' TENTANG MENJADI DEVELOPER

PAGE 28

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=28

TANYA-JAWAB SEPUTAR KERJASAMA PEMASARAN PROPERTY DARI AUSTRALIA

TIDAK PUNYA TANAH BERHEKTAR-HEKTAR TAPI MENJADI DEVELOPER SUKSES

PAGE 29

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=29

KRITERIA/KARAKTER/SIFAT yang perlu dimiliki oleh pebisnis termasuk juga pebisnis properti. oleh bro PROMEDIA

Franhise developer dan membentuk tim developer. By: Bro PROMEDIA

Pembeli ngga punya uang TAPI NEKAT BELI RUMAH KITA!

PAGE 30

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=30


Lanjutan.......KRITERIA/KARAKTER/SIFAT yang perlu dimiliki pebisnis
termasuk pebisnis properti. By: Bro PROMEDIA

PAGE 31

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=31

Harga tanah STAGNAN atau NAIK????

Investasi property dengan BISNIS BERJALAN diatasnya.

Kerjasama PROFIT SHARE dengan RESTO FRANCHISE ASING untuk property kita

33.ijin komentar para juragan

1.Secara kita hanya dapat 1 x ngurus kpr dan baru bisa beli lagi property baru dgn kpr apabila kpr kita sudah selesai/habis cicilannya..... bagaimana bisa 1 tahun, 1 property????????????

2.Saya ada rencana mau beli rumah + ruko + kontrakan dalam satu lokasi dengan harga 1 M, tapi cicilannya 15 juta sebulan, nah secara saya tidak punya penghasilan(hanya dari gaji perbulan 2,5 juta ajah)... kalau usaha kan belum tentu berhasil gan... tul ga?????

3.Dengan gaji 2,5 juta per bulan apakah kita kredibel di mata bank??? secara cicilannya 15 juta perbulan, dimana mengharuskan kita berpenghasilan +/-45 jutaan per bulan...... gimana tuh bank bakal approve kpr kita kalau cuma ada penghasilan 2,5juta doang perbbulannya di bank....mana bakalan diterima bank... tul ga???
mau rekayasa buku tabungan??? gimana caranya??? duit ajah cuma ada 2,5 juta perbulannya dan always habis di akhir bulan, hikssss ( (buku tabungan tiap akhir bulan saldonya nol).

Itulah kendala2 yang saya temui.... mohon pencerahannya para juragan....

34.
suhunya ga ada gan..

soalnya disini juga belum ada yg berhasil menerapkan startegi itu.
Gimana cara mematahkan :

Tanda jadi - Uang Muka - Pelunasan


ada yang mau share lagi?

35.ok saya akan coba jawab, saya sendiri pernah ikut seminar serupa dan akhirnya saya memutuskan gabung dengan salah satu agent property.

membeli property tanpa uang itu bukan berarti kita benar2 membeli properti tanpa uang, tetapi menggunakan uang orang lain atau bank.

seperti contoh kasus diatas saodara kita diatas dia gaji sebulan 2,5 juta tabungan tiap bulan habis, gimana bisa di setujui kpr di bank ==> INI SALAH KAPRAH

jadi membeli property tanpa uang itu melatih kreativitas kita mencari orang yang bisa menanggung resiko kita dalam membeli properti tersebut

contoh:
saodara yang gaji 2,5 juta sebulan dan selalu habis. ingin membeli property tanpa uang, di kpr dengan liat financial saat ini pasti tidak mungkin kpr di setujui
tetapi kasus akan lain jika seperti ini
saodara yang bergaji 2,5 juta mendapatkan harga property yang lokasinya strategis, saodara ini melihat lokasinya bagus buat di pasang iklan karena lokasi property seperti ini hanya ada satu2nya. lalu saodara ini menawarkan sama perush rokok besar tentang menyewakan sebagian kecil tanah yang properti untuk di jadikan papan billboard dan mendapat kontrak 20 tahun dari perush rokok yang akan di bayar tiap 5 taon sekali
KPR asumsi setaon 13%
saodara ini berhasil mendapatkan biaya sewa iklan 18% per taon dan dibayar tiap 5 taon
sekarang dengan membawa surat kontrak dari perush rokok itu soadara yang bergaji 2,5 juta datang ke bank buat minta KPR, kira2 di kasi ga sama bank?
JAWABANNYA PASTI YA (saodara yang bergaji 2,5 juta langsung dari NOBODY menjadi SOMEBODY, hanya dengan membawa kontrak dari perush rokok)

ini contoh gampangnya yah, jadi kalo udah gaji kecil, kita ga mau usaha yah sampai kakek nenek juga ga bakal bisa membeli properti tanpa uang. maka nya kita sebagai bangsa indo harus kreatif agar bisa membangun negara indonesia menjadi lebih baik


justru seni di sini adalah gimana cara nya mencari orang yang mau membiayai property kita atau mengambil alih resiko kita dalam membeli properti

teknik ini sudah lama di pakai sama orang2 super kaya di indonesia, cuma kita kan taunya oh nich orang jadi kaya padahal proses orang kaya sama seperti ini
BE CREATIVE

semoga bermanfaat

36.
susah kayaknya kalo cara nya begitu. betul juga gimana dapet kontraknya. wong tanah/ bangunannya aja bukan milik kita. kalaupun mau , perusahaan rokok pastinya hanya mau berhubungan dengan pemilik bangunan bukan kita yang notabene orang asing walaupun kita yang tawarin, kita pastilah disangka makelar/broker. lagian yang punya rumah juga masak mau. kalo tau rumahnya laku dibuat kontrak billboard perusahaan rokok bisa-bisa dia maju sendiri. kitalah yang dilangkahi.

kayaknya susah. jadi rasanya beli property harus tetap dengan dana yang cukup. banyak faktor legal dan aturan yang tidak semudah cerita bro dalam transaksi property. n kalo mau tau jelas kunjungi aja thread ini ya:

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316

Belum lagi masalah diatas rumitnya adalah bagaiman kita mau bilang sama bank kita mau kpr tapi ngga ada uang untuk dp. hanya cuman bawa surat kontrak dari perusahaan rokok. jaman gini bro, susah . bank lagi ketat.

bukan maksud saya pesimis, tapi sepengatahuan saya untuk mendapatkan kpr dan soal urusan transaksi property tidak semudah cerita bro diatas dan cerita-cerita dalam seminar.ada banyak MISING LINK di dalamnya. dan mising link ini baru kita ketaui saat kita mulai melangkah dalam transaksi property nantinya.

37.
mau nanya lagi para suhu... kalau kita udah dapet pinjaman dari bank kan sertifikatnya ditahan tuh... nah, itu sertifikat udah atas nama kita atau masih atas nama pemilik sebelumnya... secara kita belum lunas.....atau setelah duit bank cair kita balik nama... atau gimana para suhu ???

38.
sebenernya bisa kalo kita sudah ngantungin yg namanya perjanjian jual beli antara kita dan penjual ...

atas perjanjian jual beli tersebut kita baru tawarkan kepada perusahaan yg mau pasang billboard ...

kenapa perusahaannya gak langsung aja ???
yahh kan kita yg teken kontrak perjanjian jual belii duluan sama si penjual ...

terus kenapa harus KPR kalo bisa bayar lunas ??
hehehe ...
got the point ?? ...

gue pernah koq beli property pake cara seperti ini ...

gak mudah tapi bisa ... kalo rajin .. minimal 2 tahun sekali pasti dapet property kaya gini ...

39.
salam knal...
dalam penilaian ada 3 metoda yang mendasar, yaitu market data approach, cost approach, dan income approach. yang paling sering digunakan untuk penilaian tanah kosong adalah market data approach.

konsultan appraisal






3






No comments: